Kajian Kitabussholah 6

Kajian Kitabussholah

Dalil 6

Bab Niat Dalam Wudhu

 

Pada pembahasan kali ini, kita akan membicarakan tentang niat dalam wudhu. Bagaimanakah cara berniat sebelum berwudhu?

Dalam Kitab Sunan Nasa’i terdapat bab yang menjelaskan bagaimana berniat sebelum melaksanakan wudhu sebagaimana dijelaskan dalam hadist berikut:

أَخْبَرَنَا يَحْيَى بْنُ حَبِيبِ بْنِ عَرَبِيٍّ عَنْ حَمَّادٍ وَالْحَارِثُ بْنُ مِسْكِينٍ قِرَاءَةً عَلَيْهِ وَأَنَا أَسْمَعُ عَنْ ابْنِ الْقَاسِمِ حَدَّثَنِي مَالِكٌ ح و أَخْبَرَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ مَنْصُورٍ قَالَ أَنْبَأَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ الْمُبَارَكِ وَاللَّفْظُ لَهُ عَنْ يَحْيَى بْنِ سَعِيدٍ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ إِبْرَاهِيمَ عَنْ عَلْقَمَةَ بْنِ وَقَّاصٍ عَنْ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّةِ وَإِنَّمَا لِامْرِئٍ مَا نَوَى فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى اللَّهِ وَإِلَى رَسُولِهِ فَهِجْرَتُهُ إِلَى اللَّهِ وَإِلَى رَسُولِهِ وَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى دُنْيَا يُصِيبُهَا أَوْ امْرَأَةٍ يَنْكِحُهَا فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ إِلَيْهِ

رواه النساى ٧٤

 كتاب الطهارة

 باب النية في الوضوء

Telah mengabarkan kepada kami [Yahya bin Habib bin ‘Arabi] dari [Hammad] dan [Al Harits bin Miskin] telah dibacakan kepadanya dan saya mendengarnya dari [Ibnu Qasim] telah menceritakan kepadaku [Malik] telah menceritakan kepada kami [Sulaiman bin Manshur] dia berkata; Telah memberitakan kepada kami [Abdullah bin Mubarak] dan lafazhnya dari dia, dari [Yahya bin Sa’id] dari [Muhammad bin Ibrahim] dari [Al Qomah bin Waqqash] dari [Umar bin Khatthab] Radliyallahu’anhu, dia berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: ” Semua perbuatan tergantung niat, dan (balasan) bagi tiap orang (tergantung) yang diniati, barangsiapa berniat hijrahnya karena Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya. Barangsiapa niat hijrahnya karena dunia yang ingin digapai atau karena seorang perempuan yang ingin dinikahi, maka hijrahnya sekedar yang diniatinya.”

Hadits diatas menjelaskan secara implisit bahwa segala amal tergantung pada niat yang kita kehendaki, termasuk wudhu. Sebelum berwudhu maka niatilah wudhu tersebut hanya mengharapkan pahala dari Allah SWT dan bukan untuk tujuan lain, misalnya agar sakti mandraguna. Karena niat akan berpengaruh terhadap balasan yang kita terima. Apabila kita beramal, dalam hal ini wudhu, karena mencari pahala dari Allah, maka Allah-pun akan menjaminkan pahala tersebut kepada kita.

Apabila berniat pada yang lain (niat mengharapkan kenikmatan dunia selain mengharap pertolongan, barakah dan pahala dari Allah) maka hal tersebutlah yang akan dia dapat. Akan tetapi penjelasan فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ إِلَيْهِ yaitu apabila Allah menghendaki dan mentaqdirkan hal tersebut.

Hal selanjutnya yang muncul dari pembahasan bab niat wudhu adalah bagaimana pelaksanaan niat tersebut, apakah perlu dilafadzkan atau tidak?

Hadits ini bersumber pada Kitab Sunan Nasa’i Kitabul Thaharah (Kitab Kesucian) Bab Anniatu Fil Wudhu (Berniat Dalam Wudhu) dan hanya ada satu hadits dalam bab tersebut. Maka secara singkat, tidak ada lafadz khusus atau niat yang harus diucapkan ketika akan mengerjakan wudhu. Disamping itu juga, tidak ada praktik niat yang dilafadzkan oleh Nabi Muhammad SAW sebelum melaksanakan wudhu. Maka dari itu niat wudhu cukup di dalam hati dengan meneguhkan diri, konsentrasi dan sungguh-sungguh dalam mengerjakan wudhu dengan mengharap ridha, barakah dan pahala dari Allah SWT.

Oleh karena itu niat dalam wudhu itu sangatlah penting karena niat menetukan arah amalan wudhu kita. Sedangkan untuk pelaksanaan niat cukup dikerjakan atau dilakukan dalam hati berniat wudhu hanya untuk Allah agar kita mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s