Kajian Kitabussholah 5

Dalil 5

Bab Penjelasan Firman Allah Azza wa Jalla إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلَاةِ فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ

 

Pada artikel sebelumnya telah dibahas bahwa perintah berwudhu merupakan perintah yang langsung datangnya dari Allah dan menjadi satu rangkaian dengan perintah shalat. Maka shalat tidak bisa dilepaskan dari wudhu.

Meski demikian dalam Surat Al Maidah ayat 6 hanya menjelaskan membasuh mukamu dan tanganmu sampai dengan siku. Dalam Kitab Sunan Nasa’i terdapat bab yang menjelaskan tentang pengertian ayat tersebut. Dalam bab tersebut terdapat dalil yang menjelaskan kehati-hatian dalam menjaga najis sebelum berwudhu.

أَخْبَرَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ قَالَ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ الزُّهْرِيِّ عَنْ أَبِي سَلَمَةَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا اسْتَيْقَظَ أَحَدُكُمْ مِنْ نَوْمِهِ فَلَا يَغْمِسْ يَدَهُ فِي وَضُوئِهِ حَتَّى يَغْسِلَهَا ثَلَاثًا فَإِنَّ أَحَدَكُمْ لَا يَدْرِي أَيْنَ بَاتَتْ يَدُهُ

رواه النساى ١

 كتاب الطهارة

باب تأويل قوله عز وجل إذا قمتم إلى الصلاة فاغسلوا وجوهكم

Telah mengabarkan kepada kami [Qutaibah] dia berkata; telah menceritakan kepada kami [Sufyan] dari [Az Zuhri] dari [Abu Salamah] dari [Abu Hurairah], Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: ” Apabila salah seorang dari kalian bangun dari tidurnya, jangan mencelupkan tangannya ke tempat wudlunya sehingga dia mencuci tangannya sebanyak tiga kali, karena salah seorang dari kalian tidak tahu di mana tangannya bermalam.”

Dalam hadits di atas, apabila seseorang baru bangun dari tidurnya maka janganlah mencelupkan tangannya ke wadah air yang digunakan untuk wudhu. Karena khawatir tangan tersebut telah najis yang disebabkan saat tidur menyentuh bagian – bagian yang bisa menimbulkan najis, misalnya bagian kelamin dan dubur.

Bab kehati – hatian terhadap najis ini sebetulnya tidak hanya pada sesaat setelah bangun dari tidur. Akan tetapi dalam kegiatan sehari – hari yang sangat mungkin menyentuh pada sesuatu yang mudah tersebar najis, maka sebelum menyentuh air atau tempat air yang digunakan untuk berwudhu sesuai hadits di atas harus membersihkan tangan dengan membasuhkan air pada tangan sebanyak tiga kali agar terjamin dan yakin atas kesucian dan kebersihan tangan tersebut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s