Kajian Kitabussholah 4

Kajian Kitabussholah

Dalil 4

Perintah Wudhu Sebelum Shalat

Membicarakan perintah wudhu, kita bisa langsung merujuk pada perintah Allah SWT dalam Al Qur’an Surat Al Maidah ayat 6 yang berbunyi:

 

إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلَاةِ فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ

سورة الماىدة ٦

Apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku.

Pada ayat tersebut secara jelas bahwa apabila kita hendak melaksanakan shalat maka harus berwudhu terlebih dahulu. Pengertian wudhu secara umum adalah serangkaian kegiatan membasuh beberapa anggota badan untuk menghilangkan hal – hal yang dapat menghalangi seseorang untuk melaksanakan shalat atau ibadah lain.

Ayat diatas juga menjelaskan bahwa perintah wudhu itu langsung datangnya dari Allah dan pada ayat yang sama kalimatnya dirangkai langsung dengan shalat. Apabila ada seseorang ingin mengerjakan shalat akan tetapi dia tidak berwudhu maka shalatnya tidak diterima. Karena wudhu dan shalat merupakan satu rangkaian.

Meski dalam ayat tersebut hanya menjelaskan membasuh hanya pada muka dan tangan, akan tetapi secara praktek bagian kepala dan kaki juga turut dibasuh dan masuk dalam rangkaian wudhu. Secara detail praktek wudhu akan dipaparkan dalam hadits-hadits Nabi yang insya Allah akan saya bagi pada edisi berikutnya.

Jadi janganlah meninggalkan wudhu apabila hendak melaksanakan shalat. Karena wudhu dan shalat merupakan satu rangkaian yang perintahnya langsung datang dari Allah SWT.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s